PT Equity world Futures – Emas Naik Terhadap Pelemahan Dolar; Dibatasi Kenaikan Imbal Hasil Treasury

PT Equity world Futures Cirebon – Harga emas naik tipis pada hari Senin (17/1) setelah dua sesi kerugian karena dolar melemah, tetapi meningkatnya ekspektasi pengetatan kebijakan moneter di Amerika Serikat mengangkat imbal hasil Treasury dan menahan kenaikan emas batangan.

Emas spot naik 0,1% menjadi $1,819,72 per ounce pada 1045 GMT, sementara emas berjangka AS naik 0,2% menjadi $1,820,60.

Dolar turun, membuat emas batangan murah untuk pembeli luar negeri, sementara imbal hasil Treasury AS 10-tahun mencapai tertinggi dua tahun pekan lalu karena ekspektasi kenaikan suku bunga.

Pasar A.S. ditutup pada hari Senin untuk hari libur umum.

Fokus sekarang tertuju pada pertemuan Federal Reserve AS pada 25-26 Januari setelah pembuat kebijakan mengisyaratkan pekan lalu bahwa mereka akan memulai menaikkan suku bunga pada bulan Maret untuk meredakan lonjakan inflasi. 

Baca Juga : Manajemen PT Equity World Futures Cirebon 

PT Equityworld Futures –  Emas bergerak lebih tinggi karena para investor mempertimbangkan prospek kebijakan moneter yang lebih ketat terhadap ancaman varian virus omicron terhadap pemulihan ekonomi global.

Investor miliarder Bill Ackman mengatakan Federal Reserve kehilangan pertempurannya melawan inflasi dan harus menaikkan suku bunga utamanya lebih besar dari perkiraan 50 basis poin pada bulan Maret untuk “memulihkan kredibilitasnya.”

Menghadapi tekanan dari Kongres dan publik untuk mengatasi inflasi terpanas sejak 1980-an, suara pejabat bulan ini melayangkan kenaikan suku bunga pada bulan Maret dan potensi kebutuhan untuk menaikkan sebanyak lima kali tahun ini, menandai pergeseran yang jelas dalam proyeksi dari hanya beberapa minggu lalu.

Sementara lebih banyak bank sentral secara global berusaha untuk menormalkan kebijakan moneter untuk menahan tekanan harga, China pada hari Senin menurunkan suku bunga utama untuk pertama kalinya sejak puncak pandemi pada tahun 2020 karena penurunan pasar properti dan wabah virus yang berulang kali menghambat pertumbuhan negara.

Emas stabil di atas $1.800 per ons setelah turun untuk pertama kalinya dalam tiga tahun pada 2021 karena investor mulai mempertimbangkan kebijakan moneter yang lebih ketat. Namun, permintaan untuk aset haven telah didukung di tengah kekhawatiran atas dampak omicron, dengan Ahli Bedah Umum AS Vivek Murthy mengatakan wabah itu kemungkinan akan memburuk dan “beberapa minggu yang sulit” akan datang.

Emas spot naik 0,2% menjadi $1,822.25 per ons pada pukul 7:38 pagi di London, setelah turun 0,3% pada hari Jumat. Indeks Spot Dolar Bloomberg stabil setelah naik 0,2% di sesi sebelumnya. Perak, platinum, dan paladium semuanya mengalami kenaikan. 

Sumber Bloomberg dan Reuters

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s